Minggu, 20 April 2014

Ciri Fisik Pengidap Down Syndrome

Adikku adalah seorang down syndrome. Tentunya, seperti down syndrome lain, mereka punya ciri fisik terntentu yang menyerupai wajah orang mongol. Ciri fisik ini tidak akan berubah sampai usia dewasa, dan merupakan kelainan bawaan yang akan diidap seumur hidup. Berikut ini kutipan artikel yang menyebutkan ciri fisik anak-anak down syndrome :

Gejala yang biasanya merupakan keluhan utama dari orang tua adalah retardasi mental atau keterbelakangan mental (disebut juga tunagrahita), dengan IQ antara 50-70, tetapi kadang-kadang IQ bisa sampai 90 terutama pada kasus-kasus yang diberi latihan. Pada bayi baru lahir, dokter akan menduga adanya Sindroma Down karena gambaran wajah yang khas, tubuhnya yang sangat lentur, biasanya otot-ototnya sangat lemas, sehingga menghambat perkembangan gerak bayi.
 
Pada saat masih bayi tersebut sulit bagi seorang dokter untuk menentukan diagnosisnya, apalagi orang tuanya juga mempunyai mata yang sipit atau kecil. Untuk memastikan diagnosis perlu dilakukan pemeriksaan kromosom dari sel darah putih.

Anak dengan sindrom down sangat mirip satu dengan satu dengan yang lainnya,seakan akan kakak beradik.
Retardasi mental sangat menonjol disamping juga terdapat retardasi jasmani. Kemampuan berpikir dapat digolongkan pada idiot dan imbesil, serta tidak akan mampu melebihi seorang anak yang berumur tujuh tahun. Mereka berbicara dengan kalimat-kalimat yang sederhana, biasanya sangat tertarik pada musik dan kelihatan sangat gembira.

Wajah anak sangat khas. Kepala agak kecil dengan daerah oksipital yang mendatar. Mukanya lebar, tulang pipi tinggi, hidung pesek, mata letaknya berjauhan, serta sipit miring ke atas dan samping (seperti mongol). Iris mata menunjukkan bercak-bercak ( bronsfield spots ). Lipatan epikantus jelas sekali. Telinga agak aneh, bibir tebal, dan lidah besar, kasar dan bercelah-celah (scrotal tongue). Pertumbuhan gigi geligi sangat terganggu.


Ciri-ciri fisik anak down syndrome adalah sebagai berikut :
ü  Bentuk kepala yang relatif kecil dengan bagian belakang yang tampak mendatar (peyang)
ü  Hidung kecil dan datar (pesek), hal ini mengakibatkan mereka sulit bernapas
ü  Mulut yang kecil dengan lidah yang tebal dan pangkal mulut yang cenderung dangkal yang mengakibatkan lidah sering menjulur keluar
ü  Bentuk mata yang miring dan tidak punya lipatan di kelopak matanya
ü  Letak telinga lebih rendah dengan ukuran telinga yang kecil, hal ini mengakibatkan mudah terserang infeksi telinga
ü  Rambut lurus, halus dan jarang (tipis)
ü  Kulit yang kering
ü  Tangan dan jari-jari yang pendek dan pada ruas kedua jari kada sama sekali, sedangkan pada orang normal memiliki tiga ruas tulang
ü  Pada telapak tangan terdapat garis melintang yang disebut Simian Crease. Garis tersebut juga terdapat di kaki mereka yaitu di antara telunjuk dan ibu jari yang jaraknya cenderung lebih jauh dari pada kaki orang normal. Keadaan telunjuk dan ibu jari yang berjauhan itu disebut juga sandal foot
ü  Otot yang lemah (hypotomus) ; mengakibatkan pertumbuhan terganggu (terlambat dalam proses berguling, merangkak, berjalan, berlari dan berbicara)
ü  Pertumbuhan gigi geligi yang lambat dan tumbuh tak beraturan sehingga menyulitkan pertumbuhan gigi permanen.


Adikku ini memiliki semua ciri-ciri diatas. Berbagai gangguan juga dialami anak down syndrome karena kelainan yang dialami. Syukurlah adikku Mila ini tidak mengalami gangguan-gangguan tersebut.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...